Ternyata Internet Bisa Bikin Gila !

Ternyata Internet Bisa Bikin Gila ! Tak dipungkiri lagi Surfing dan bermain internet sungguh mengasyikkan. Bisa lupa waktu, lupa makan bahkan bisa lupa ama pacar (a gamer). Tapi fakta baru telah ditemukan bahwa bermain internet bisa membuat seseorang menjadi gila dan para psikiater sudah mengakuinya. Istilah “Internet-Use Disorder” atau “gangguan penggunaan internet”, akan masuk dalam daftar resmi manual diagnosa para psikiater, mulai tahun depan. Ini berarti memang gangguan jiwa akibat penggunaan internet itu sungguh ada. Sementara istilah “kecanduan internet” sendiri sudah diakui oleh para psikiater.

Sebenarnya istilah “gangguan kecanduan internet”, jika menurut Wikipedia, sudah ada sejak 1995. Hanya saat itu disebut sebagai hoax satir di kalangan pengguna internet. Kini, agaknya istilah tersebut semakin cocok untuk menggambarkan bagaimana orang bisa begitu kecanduan atau terpicu emosinya karena interaksi di dunia maya. Terutama fakta bahwa ada ratusan juta orang pengguna Facebook dan berapa banyak waktu terbuang demi online.

Yang menjadi konsen utama para psikiater adalah kelompok anak-anak, terutama anak-anak yang terlalu banyak bermain video games online. Mereka cenderung cepat menalami nervous, sensitif pada laptop, tablet, atau perangkat lain, jika diambil darinya.

Tim psikiater Australia masih coba memberi batasan jelas mengenai diagnosa “gangguan penggunaan internet”. Menurut mereka masih dibutuhkan lebih banyak riset untuk itu.

“Pada anak-anak, kebiasaan main game adalah isu yang sudah sangat jelas,” ungkap,” Profesor Mike Kyrios dari Swinburne University of Technology. “Tapi secara keseluruhan penggunaan teknologi dapat memicu problem lain.”

Berarti, gangguan semacam itu bukan saja dialami anak-anak, melainkan juga semua kelompok usia. Namun usia anak-anak adalah yang paling rentan, sebab jika di usia belia sudah mengalaminya, dapat dibayangkan bagaimana dampaknya ketika mereka dewasa kelak. sumber
Ternyata Internet Bisa Bikin Gila !

0 komentar:

Post a Comment