Film Korea Berjaya di Timor Leste

Film Korea Berjaya di Timor Leste. Pelem Korea ini berbeda dengan pelem-pelem Korea pada umumnya. Pelem ini tidak mengusung cerita cinta antara lawan jenis tetapi lebih kepada rasa cinta terhadap dunia sepak bola. Inilah “A Barefoot Dream” (Tae-gyun Kim, 2010) sebuah film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Timor Leste. Emang sih pelem ini dah lama (2010) tapi sebagai pecinta bola layak juga untuk ditonton ulang.

Inti cerita mirip dengan kisah pembentukan tim nasional cilik Indonesia. Tapi dalam “A Barefoot Dream” pelatih adalah seorang mantan pemain profesional dari Korea Selatan yang datang ke Dili untuk berdagang, meninggalkan kariernya sebagai pemain sepak bola.

Di Dili ia melihat bakat terpendam dari anak-anak yang bermain sepak bola di lapangan kota. Ia pun beralih menjadi pelatih meski awalnya ia sebenarnya mau menjual sepatu bola dengan cara dicicil kepada anak-anak itu.

Film ini tidak hanya menceritakan upaya seorang pendatang menyesuaikan diri dengan keadaan di negara asing, saling tolong di antara sebangsa, tapi juga interaksi yang terjadi di sebuah negara baru. Bahasa yang tampil dalam film terdiri atas bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Korea dan Tetun. Campur aduk. Masing-masing omong dalam bahasa mereka sendiri. Kata-kata yang keluar mewakili isi hati namun mereka yang berkomunikasi sebenarnya bercakap dengan isi hati mereka sehingga komunikasi tetap terjadi.

Film Korea Berjaya di Timor Leste
Film ini juga bisa menangkap sekaligus menampilkan kemiskinan, ketegangan hidup di Timor Leste. Adegan-adegan kecil mewakili kehidupan kampung, kelucuan karena upaya interaksi tanpa bahasa yang sama, kekerasan hati rakyat Timor Timur, kekentalan mereka terhadap ibadah menurut agama Katolik, letupan dan bentrokan yang bisa terjadi setiap saat, dan seterusnya. Harus diakui kepintaran penulis skenario dalam merangkai semua itu menjadi sebuah cerita.

Cerita yang pasti menyentuh rasa haru, bangga, dan mengajak penonton untuk merasakan hal tersebut. Sungguh patut ditonton untuk dipelajari cara membuat cerita yang sederhana, tidak berupaya menampilkan kebesaran dalam bentuk adegan-adegan kolosal atau wah, tapi kebesaran itu tampak dari teknik editing dan ekspresi para pemain. Ekspresi masing-masing pemain dalam berakting merupakan kunci kesempurnaan pembuatan Film Korea Berjaya di Timor Leste ini. Sumber



0 komentar:

Post a Comment