Sebab Akibat Global Warming

Sebab Akibat Global Warming. Menarik sekali berbicara tentang Global Warming. Sebelum kita berbicara panjang mengenai topik ini, ada baiknya dilihat dulu pengertian Pemanasan Global ini.

Global Warming / Pemanasan Global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Temperatur rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.18 °C selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)  menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca.

Meningkatnya temperatur global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya muka air laut, meningkatnya intensitas kejadian cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat Pemanasan Global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser dan punahnya berbagai jenis hewan. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

Penyebab Global Warming
  1. Efek Rumah Kaca
  2. Evek Umpan Balik
  3. Variasi Matahari
Akibat/Dampak Global Warming
  1. Puncak Alpen akan mencair seutuhnya
  2. Hutan Hujan Amazon akan berubah menjadi Gurun Pasir
  3. Hewan hewan akan mengecil
  4. Terumbu Karang Great Barrier Reef akan hilang 20 tahun kemudian 
  5. Meningkatnya jumlah Teroris
  6. 2000 Pulau di Indonesia akan tenggelam
  7. Maladewa mungkin akan tenggelam
  8. Gurun Sahara akan menjadi Padang Rumput
  9. Badai lebih besar dibanding Badai Katrina
  10. London akan tenggelam pada 2100

Fakta : Dulu waktu saya dikampung, kalau tidur malam butuh 2 helai selimut karena saking dinginnya tapi sekarang satu saja sudah cukup atau bahkan pakai sarung sudah adem  ^_^ (hayo kenapa?)

Joke : Yang paling jelas kenapa Bumi ini makin panas adalah semakin banyaknya MATAHARI ditiap daerah dan malah masyarakat menyambut senang akan hadirnya matahari kedua bahkan ketiga ditempat mereka. Hahahah

Selain tugas mereka, ini tanggung jawab kita juga ! Apa yang harus kita lakukan guna mencegah dan mengurangi Pemanasan Global setelah mengetahui Sebab Akibat Global Warming sobat ????