Manfaat Minuman Kopi

Manfaat Minum Kopi. Bagi penikmat kopi, inilah manfaat yang kita dapatkan ketika  mengkonsumsinya dengan syarat tidak berlebihan. Yaa, atas nama berlebihan pasti efeknya tidak baik bagi diri kita. Kalo saya pribadi, minum kopi dipagi dan malam hari sudah cukup untuk melepas ‘kecanduan’ saya terhadap minuman satu ini. Berikut akan saya jabarkan apasaja manfaat dari minum kopi untuk kesehatan... 

Membantu menekan resiko penyakit Parkinson. Karena penyebab langsung Parkinson masih belum diketahui, maka sulit menunjuk titik tepat, bagaimana kopi membantu mengurangi resiko pengembangkan penyakit tersebut. Namun Mayo Clinic menulis, kafein, yang ditemukan dalam kopi dan teh, bisa menekan penyakit tersebut.   

Meningkatkan kinerja otak dan fokus. Dalam studi tahun 2010 yang dipublikasikan di journal Human Psychopharmacology, disebutkan bahwa minum kopi dengan gula bisa mendongkrak efisiensi kerja otak dan membantu memperpanjang daya tahan perhatian dan fokus seseorang. 

Membuat hidup jadi lebih lama. Dalam studi 2012 yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, terhadap 400 ribu orang berusia antara 50-71 tahun menunjukkan bahwa minum kopi bisa membantu hidup lebih lama. 

Mengurangi resiko gagal jantung. Dalam studi terhadap 140 ribu orang yang terbit di jurnal Circulation Heart Failure, disebutkan, minum kopi satu cangkir per hari bisa mengurangi resiko gagal jantung.
Mengurangi resiko kanker kulit. Studi yang dilakukan Havard Medical School, mengindikasikan, kian tinggi kafein dalam kopi yang diminum seseorang, maka kian rendah resiko ia mengembangkan sel basal karsinoma. 

Menurunkan resiko diabetes pada wanita. Studi pada 2011 yang dilakukan UCLA menunjukkan wanita yang paling sedikit meminumk tiga cangkir kopi sehari bisa terhindar dari resiko mengembangkan diabetes tipe 2, hingga 56 persen. 

Mempercepat pemulihan setelah berolahraga. Studi pada 2009 dari Universitas Illinois, menemukan bahwa satu cangkir kopi sebelum berolahraga tidak hanya memberi energi kepada tubuh, tetapi juga 'membunuh beberapa nyeri atletik' yang kerap dialami saat berolah tubuh.

Mengurangi resiko kanker kolon. Ini juga berdasar studi. Menurut penelitian terhadap 49 ribu wanita dan pria, mereka yang mengonsumsi empat cangkir kopi per hari bisa menekan resiko terkena kanker kolon. Kopi, menurut American Journal of Clinical Nutrition, bersifat menekan tumor proximal yang identik dengan kanker kolon.

Membantu mencegah Alzheimer. Dalam usia dewasa, minum kopi bisa menunda atau bahkan menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer. Dalam studi yang dikepalai oleh Dr Chuanhai Cao dari Universitas South Florida, disebutkan bahwa kelompok paruh baya dengan tanda gangguan memori ringan yang rutin meminum kopi, sekitar tiga cangkir perhari, tidak akan masuk tahap Alzheimer, atau paling tidak mengalami penundaan signifikan. 

Menekan resiko penyakit kardiovaskuler. Penemuan studi pada 2011 mengungkap bahwa konsumsi kopi bisa mengurangi resiko penyakit seputar kardiovaskuler, seperti stroke dan penyakit jantung koroner. Pengurangan resiko pada pria bisa mencapai 38 persen, dan untuk wanita hingga 22 persen.

Nah, itulah manfaat Minum Kopi semoga ada manfaatnya. Dilain hal ada perlu juga kita melakukan hal-hal lain guna mencapai sehat seperti Diet sehat dan Minum Jus buah.

Mulailah hidup sehat dari sekarang ! Manfaat Minuman Kopi  Refferensi

0 komentar:

Post a Comment