Kamus Istilah SEO

Kamus Istilah SEO. Bicara tentang SEO rasanya gak pernah bosan, apalagi bagi yang ingin site_nya lebih dikenal lagi oleh Search Engine.

Kamus Istilah SEO

Banyak keuntungan daripada SEO ini lo sob (iyaa iya dah pada tau koq hihiii), disamping menjadikan artikel site kita meraih Top Posisi Rank, juga akan berpengaruh kepada ramainya pengunjung/traffic site. Karena site yang SEO nya tinggi sudah pasti ramah pengunjung dan Google makin cinta dehh....hohoho

Sebelum memasuki pelajaran inti dari SEO, tentu kita perlu mengetahui istilah-istilah SEO yang nantinya akan kita temui dalam menerapkan tekik SEO. Berikut sedikit penjelasannya.

1. Anchor Text
Definisi : Teks atau hyperlink yang terlihat.
Kegunaan dalam SEO : Anchor teks yang tampak pada link yang menunjuk ke Website Anda sangat penting dalam proses SEO. Misalnya, jika situs Anda tentang “tutorial”? maka anchor teks "Situs Tutorial" akan membantu menaikkan ranking lebih baik daripada anchor teks. "Sebuah Situs tentang Sesuatu".
Contoh : Anchor teks untuk The-Exploration adalah "The-Exploration"

2. Unique Visitor
Definisi : Komputer atau seseorang yang masuk ke Website Anda
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari unique visitor akan meningkatkan popularitas halaman Web Anda.
Contoh : Anda adalah unique visitor dari halaman ini.

3. Algorithm
Definisi : Rumus yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan bagaimana ranking halaman Web dalam hasil pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Memahami algoritma mesin pencari akan membantu Anda meningkatkan ranking dalam hasil pencarian.
Contoh : Algoritma Google tergantung pada banyaknya link yang masuk ke dalam sebuah halaman.

4. Bot
Definisi : Kependekan dari robot (ada yang menyebutnya spider). Bot merujuk pada program yang memindai Web.
Kegunaan dalam SEO : Cara bot mesin pencari melihat halaman Web Anda mempengaruhi ranking halaman Web Anda.
Contoh : Nama dari bot milik Yahoo adalah inktomi slurp.

5. Back Link
Definisi : Link dari halaman lain yang menunjuk pada halaman judul. Juga disebut inbound links atau IBLs.
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari IBLs ke suatu halaman akan meningkatkan popularitas di mesin pencari.
Contoh : Jika Anda me-link halaman ini dengan frase Rank maka itu adalah IBL dari halaman Anda kepada kami.

6. Blind Traffic
Definisi : Kualitas trafik jelek yang didapat dari promosi yang salah/ kurang tepat atau karena melakukan spam ke mesin pencari.
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi situs dimana Anda mendapatkan blind traffic akan membantu menghemat uang untuk promosi yang salah.
Contoh : Jika Anda adalah vendor software dan seseorang mengunjungi situs Anda melalui link yang dia lihat di sebuah situs masakan, itulah yang disebut dengan blind traffic.

7. Clustering
Definisi : Fenomena dimana mesin pencari mendata dua atau lebih halaman sebuah Web dengan sebuah query pencari.
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak halaman Web Anda yang didata oleh query pencari semakin bagus kesempatan Web Anda untuk dikunjungi.

8. Cloaking
Definisi : Praktek SEO non-etis dengan cara menggunakan halaman Web yang berbeda-beda versi dan setiap halaman ditujukan untuk bot mesin pencari tertentu (memanfaatkan kelemahan setiap mesin pencari). Kegunaan dalam SEO : Anda bisa diberi penalti dengan berat jika melakukan hal ini, maka jangan lakukan!
Contoh : Sebuah halaman Web yang ditujukan untuk bot milik Yahoo akan dioptimisasi untuk bot milik Yahoo.

9. Doorway Page / Gateway Page
Definisi : Sebuah doorway page atau gateway page bertujuan mengalihkan trafik ke halaman lain. Doorway page biasanya didesain dan dioptimisasi untuk frase kata kunci tertentu dan umumnya bukan ditujukan untuk manusia melainkan bot.
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan doorway page atau gateway page merupakan pelanggaran TOS (Terms Of Services) di sebagian besar mesin pencari dan dapat dihukum dengan banning.

10. Directory
Definisi : Sebuah direktori adalah situs yang berisi daftar kategori link-link dari seluruh Web.
Kegunaan dalam SEO : Mesin pencari menggunakan informasi yang terdapat di dalam direktori untuk mengevaluasi halaman.
Contoh : Direktori DMOZ digunakan oleh Google.

11. Ethical SEO
Definisi : Melakukan teknik-teknik SEO dengan benar dan legal sehingga tidak membuat situs Anda terdaftar dalam blacklist oleh mesin pencari.
Kegunaan dalam SEO : unEthical SEO dapat membuat situs Anda di-banned oleh mesin pencari selamanya.

12. Filter Words/ Stop Words
Definisi : Kata-kata seperti : is, am, an, for, do, was, the, di, ke, dari, untuk, dan kata-kata lain yang dianggap tidak relevan oleh mesin pencari.
Kegunaan dalam SEO : Sedikit menggunakan kata-kata tersebut sebagai keyword di dalam situs Anda akan membantu meningkatkan kepadatan keyword dari keyword asli Anda.

13. Google Dance
Definisi : “Google Dance” adalah istilah tidak formal yang merujuk pada periode atau saat dimana Google melakukan update pada indexnya.
Kegunaan dalam SEO : Selama update berlangsung, hasil pencarian untuk setiap datacenter milik google berbeda. Hal ini dapat membuat lonjakan ranking Anda di Google.

14. Hits
Definisi : Request/ permintaan kepada server situs Anda.
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak hit semakin populer Anda.

15. Keyword
Definisi : Kata yang mempunyai tujuan tertentu dari suatu tema sebuah situs. Sebagai contoh, jika sebuah Website memberikan informasi tentang Kendaraan, maka keyword yang digunakan sebaiknya : mobil, sepeda, sepeda motor, Honda, Yamaha, dan semacamnya.
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
Contoh : Keyword dari halaman ini adalah : RANKING.

16. Keyphrases
Definisi : Grup dari keyword.
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
Contoh : Keyphrase dari halaman ini adalah : Ranking Naik.

17. Keyword Density
Definisi : Jumlah berapa kali sebuah keyword yang spesifik muncul dalam sebuah halaman dibandingkan dengan jumlah kata-kata di halaman tersebut.
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi density/ kepadatan suatu keyword, semakin besar kesempatan untuk memenangkan keyword tersebut dalam hasil pencarian dari situs lain.

18. Keyword Research/ Analysis
Definisi : Proses menganalisa sebuah topik/ situs yang bertujuan untuk mengidentifikasi keyword yang mampu mendeskripsikan topik/ situs tersebut dengan baik.
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi keyword yang mempunyai tingkat pencarian tinggi dapat membantu mengoptimasi halaman Web dengan baik.
Contoh : Wordtracker.com dan Oveture.com menyediakan tool keyword yang berguna.

19. Keyword Stuffing/ Spamming
Definisi : Proses menjejali halaman Web dengan keyword baik berhubungan maupun tidak berhubungan dengan tema dengan jumlah banyak yang bertujuan untuk memperdaya mesin pencari.
Kegunaan dalam SEO : Walaupun tidak secara langsung melanggar TOS dari mesin pencari, setidaknya saat keyword-keyword tersebut tampak bagi pengunjung, hal ini memungkinkan mesin pencari mengurangi/ memotong teks yang tidak sesuai dengan struktur grammar.
Contoh : Wordtracker.com dan Oveture.com menyediakan tool keyword yang berguna.

20. Link Farm
Definisi : Grup dari situs yang saling me-link yang bertujuan untuk menaikkan popularitas link.
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan link farm merupakan pelanggaran TOS (Terms Of Services) di sebagian besar mesin pencari dan dapat dihukum dengan banning.

21. Link Popularity
Definisi : Popularitas dari situs Anda di mata mesin pencari bergantung pada kualitas dan kuantitas dari link ke dan dari situs Anda.
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi popularitas link Anda, semakin tinggi ranking Anda.

22. Mirror
Definisi : Dalam konteks SEO, mirror adalah situs atau halaman yang nyaris sama/ identik. Mirror umumnya digunakan untuk mengincar keyword/ keyphrase berbeda.
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan mirror merupakan pelanggaran TOS (Terms Of Services)
di sebagian besar mesin pencari dan dapat dihukum dengan banning.

23. META Tags
Definisi : META Description Content, Keywords, dan Title digunakan di bagian head dari Website. Ada sekitar 50 sampai 60 jenis tag yang lain tetapi 3 tag ini yang sering digunakan. Tujuan dari tag ini adalah menyediakan informasi tambahan mengenai sebuah halaman Web, misal metadata. Tag yang paling berpengaruh untuk ranking mesin pencari adalah keyword dan description tag.
Kegunaan dalam SEO : Tag-tag ini sangat penting untuk mendata situs Anda di mesin pencari.

24. Natural Links
Definisi : Link yang menunjuk suatu Website yang dibuat oleh seseorang karena Website tersebut berguna/ bagus dan memutuskan untuk membuat link ke situs itu.
Kegunaan dalam SEO : Jenis link ini sangat bagus dalam popularitas link karena berarti situs yang di-link memang pantas dan mempunyai sumber informasi yang berkualitas. Untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan link natural, pastikan situs Anda mempunyai konten/ isi yang lebih berkualitas dari situs saingan Anda.

25. Off-Page Factors/ Elements
Definisi : Elemen yang tidak berada dalam kontrol langsung dari developer suatu situs dan berpengaruh dalam menentukan ranking mesin pencari.
Kegunaan dalam SEO : Mesin pencari semakin bergantung pada elemen-elemen ini saat menentukan ranking karena kebal dari spamming dan penyalahgunaan.
Contoh : Link yang menunjuk ke suatu situs dan anchor text dalam link yang menunjuk suatu situs.

26. OutBound Links
Definisi : Link dalam sebuah situs yang menunjuk ke luar situs.
Kegunaan dalam SEO : Tidak berpengaruh popularitas link tetapi waspadalah untuk tidak melink ke situs yang memungkinkan situs Anda di-banned.

27. One-way Links
Definisi : Link ke suatu situs yang tidak berbalas.
Kegunaan dalam SEO : Jenis link ini sangat bagus dalam membangun popularitas link.

28. Page Rank
Definisi : Pengukuran popularitas link milik Google untuk halaman Web.
Kegunaan dalam SEO : Google mengklaim kalau PR (Page Rank) memegang peranan penting untuk rankingnya.

29. Query
Definisi : Pencarian suatu kata atau istilah di mesin pencari.

30. Ranking
Definisi : Posisi di hasil pencarian mesin pencari yang dicapai Website untuk keyword/ keyphrase tertentu.

31. Reciprocal Links
Definisi : Reciprocal link terjadi ketika situs A me-link ke situs B dan sebagai balasannya, situs B juga me-link situs A.
Kegunaan dalam SEO : Hal ini membantu meningkatkan trafik dan bisa juga menambah popularitas link.

32. Robots.txt
Definisi : File yang akan dibaca spider/ bot untuk menentukan bagian mana dari Website yang boleh dikunjungi oleh spider/ bot tersebut.
Kegunaan dalam SEO : Anda bisa menentukan halaman mana yang boleh terindeks atau mesin pencari mana yang boleh mengindeks Website Anda. Misal, Anda bisa menentukan bahwa spider milik Google boleh mengindeks situs Anda tetapi tidak untuk spider milik Yahoo. File ini berguna untuk menghentikan situs agar tidak diindeks secara tidak sengaja saat dalam proses maintenance atau Anda ingin beberapa bagian situs Anda untuk tersembunyi oleh spider.

33. Search Engine
Definisi : Database Informasi yang didapat dari mengindeks seluruh halaman web yang ada.
Contoh : Google, Yahoo, MSN, Search.io

34. Search Engine Optimization
Definisi : Proses memodifikasi konten, struktur, dan popularitas link suatu situs untuk memaksimalkan kemungkinan mendapatkan ranking tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari.

35. SERPS
Definisi : Singkatan dari Search Engine Result PageS.
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi ranking situs Anda di SERPS untuk keyword tertentu yang Anda gunakan, semakin banyak pengunjung yang Anda dapatkan.

36. Site Map
Definisi : Halaman khusus di suatu situs yang berisi representasi struktur link dari situs yang berbentuk tree-like.
Kegunaan dalam SEO : Halaman ini memungkinkan spider mesin pencari untuk mengindeks halaman-halaman penting dari situs dengan mudah karena bisa dengan mudah diakses dalam satu halaman. Link menuju site map sebaiknya mudah diakses dan diindeks.

37. Spam
Definisi : Dalam konteks SEO, spam merujuk pada teknik manipulasi yang melanggar TOS dari mesin pencari dan didesain untuk memperoleh ranking tinggi dari suatu halaman Web.
Kegunaan dalam SEO : Melakukan spam akan berakibat pada banning.

38. Title Tag
Definisi : Title tag digunakan untuk menentukan teks yang muncul di bagian atas dari jendela browser saat mengunjungi halaman Web. Title tag juga muncul sebagai teks link ketika situs muncul dalam hasil pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Title tag berpengaruh dalam ranking situs. Pastikan bahwa title tag adalah teks yang cocok dan relevan dengan tema halaman Web Anda.
Contoh : Title tag dari halaman ini adalah Ranking Naik.

39. Title Text / Attribute
Definisi : Teks yang dilampirkan pada tag HTML mana saja dan muncul saat mouse diposisiskan di atas konten tag yang relevan.
Kegunaan dalam SEO : Jika digunakan dengan benar dapat berpengaruh bagi ranking mesin pencari. Title Text/ Attribute bekerja seperti ALT Text/ Attribute.
Contoh : Ini adalah foto <a href=”someplace.com/neatstuff.gif” title=”Me scuba diving(ini adalah title text)”>me scuba diving last summer</a>…blablabla…

40. UnEthical SEO
Definisi : Melakukan teknik-teknik SEO dengan tidak benar dan ilegal sehingga membuat situs Anda terdaftar dalam blacklist oleh mesin pencari.
Kegunaan dalam SEO : Praktek ini dapat membuat situs Anda di-banned oleh mesin pencari selamanya.
Contoh : Cloaking, gateway page, dan semacamnya.

Cukup sekian dulu sob Kamus Istilah SEO, dah banyak banget capek juga ngetiknya hheee dan tentunya masih banyak lagi istilah yang laennya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya.Salam

Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara

Pelajari Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara yang sering menjebak waktu wawancara, silahkan pelajari dan siap-siap agar anda tidak terjebak.

1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda ? Ini peluang Anda untuk “menjual” diri Anda. Uraikan dengan singkat dan jelas kelebihan yang Anda miliki, kualifikasi Anda dan apa yang dapat Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati, jangan memberikan jawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.

 2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini ? Pertanyaan ini merupakan salah satu alat bagi si pewawancara untuk mengetahui apakah Anda mempersiapkan diri anda dengan baik. Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan. Dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.

3. Apa kelemahan utama Anda ? Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan Anda, tapi jangan lupa menjelaskan bagaimana Anda mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. Misalnya, bila Anda memiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Anda ambil. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaiki diri Anda.

4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu? Walaupun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Anda harus berhati-hati dalam memberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Anda memberikan jawaban yang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif. Bila anda mengeluhkan tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini tidak memberi poin apa-apa buat Anda.

5. Bagaimana Anda mengatasi masalah ? Tidak mudah memberikan jawaban bila Anda mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Anda baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Pewawancara ingin melihat apakah Anda dapat berpikir kritis dan mengembangkan solusi tanpa melihat jenis permasalahan yang Anda hadapi, bahkan walaupun Anda tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Gambarkan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda bertanggungjawab dan tetap dapat berpikir jernih walaupun sedang menghadapi masalah.

6. Prestasi apa yang dibanggakan ? Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan. Walaupun Anda pernah menjuarai bola basket pada waktu kuliah, tetapi ini bukan merupakan sebuah jawaban yang diharapkan. Berikan jawaban yang lebih profesional dan lebih relevan. Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

7. Berapa gaji yang Anda harapkan ? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup.Yang perlu Anda lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Beritahu pewawancara bahwa Anda terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa, berikan jawaban yang berupa kisaran angka, bukan angka tertentu.

8. Bisa ceritakan mengenai diri Anda ? Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Yang pasti Anda harus menyadari bahwa pewawancara tidak tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan di akhir pekan ataupun dari daerah mana Anda berasal. Pewawancara berusaha mengetahui Anda secara profesional. Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Anda, baik pengalaman kerja maupun sasaran karir Anda dan tetap konsisten. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkapkan keinginan Anda sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Anda pada pembicaraan yang memperlihatkan kualifikasi Anda.

SEMOGA BERMANFAAT…
Pelajari Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara
makasih buat http://akimlinovsisa.wordpress.com/ share'a

Cara Jitu Menentukan Keyword

Cara Jitu Menentukan Keyword. Sebelumnya kita sudah membahas tentang Pendekatan SEO. Kali ini saya akan memberikan sedikit tips dalam penentuan Keyword [Kata Kunci] mudah-mudahan saja dapat membantu sobat semuanya. Berikut penjelasannya....

  1. Keyword merupakan hal yang vital dalam SEO, kesalahan dalam menentukan keyword dapat berakibat pengunjung tidak berlimpah dan sebaliknya
  2. Fokus pada kemudahan keyword untuk dipahami dan dimengerti serta judul yang lebih memancing penasaran pelanggan
  3. Carilah yang tingkat pencariannya tinggi dengan bantuan AdWords Google
  4. Berdasarkan penelitian Onestat.com, keyword paling banyak dipakai adalah dalam kombinasi 2 kata [33%], kombinasi 3 kata [26%], kombinasi 4 kata [21%], dan sisanya baru 1 kata
  5. Perhatikan persaingan keyword. Semakin sedikit kompetitor maka semakin tinggi tingkat pencariannya
  6. Jangan terlalu banyak memberikan keyword di setiap halaman, bisa saja pengunjung menjadi bosan dan parahnya lagi Google akan menganggapnya sebagai spam
  7. Gunakan keyword yang sudah akrab dengan Google. Gunakan keyword tools dan Google Search Tools
  8. Perhatikan anchor text. Text yang berada di anchor text secara otomatis akan dijadikan keyword oleh robot Google
  9. Keyword tambahan/penunjang. Gunakan format tulisan tebal [bold character], miring [italic], bergaris dan berwarna
  10. Saling memberi link antarhalaman di dalam blog
  11. Sesekali lakukan direct link [link satu arah]
  12. Lakukan rotasi kata keyword dalam beda bahasa
  13. Menambahkan tag alt=”text” dalam postingan bergambar


    Itulah Cara Jitu Menentukan Keyword semoga bisa membantu.

Mahasiswa Genius itu Bernama

Mahasiswa Genius itu Bernama
Mahasiswa Genius itu Bernama
Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?". 

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia yang menciptakan semuanya"..

"Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya professor sekali lagi. 
"Ya, Pak, semuanya" kata mahasiswa tersebut. 

Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan". 

Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau Agama itu adalah sebuah mitos. Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, "Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?". "Tentu saja," jawab si Profesor, 

Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah dingin itu ada?" "Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernah sakit flu?" Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya. 

Mahasiswa itu menjawab, "Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada. Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas." Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu ada?" Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada." 

Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Pak. Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk meme-cahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya." 

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah kejahatan itu ada?" Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan." Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, 

"Sekali lagi Anda salah, Pak. Kajahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakan kajahatan. Kajahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya." Profesor itu terdiam. 

Mahasiswa Genius itu Bernama "ALBERT EINSTEIN"