Tontonan Pertamax

Tontonan Pertamax
Tontonan Pertamax. Ibarat nonton pelem tanpa subtitle, itulah yang terjadi tadi malam waktu saya nonton Wayang di salah satu tv swasta. Ini kali pertama seumur hidup saya nonton kesenian Jawa tersebut, bukannya tidak suka tapi kalau tidak mengerti apa maksud dari cerita Dalang apanya yang mau 'dimakan' ? [cemilan kaleee.....].

Tapi khusus Wayang tadi malam membuat saya tertarik, biarpun  tidak mengerti [masih] bahasa Dalangnya tetap saja terus ngikutin, wong dalangnya Sujiwo Tejo sapa yang ga tertarik [bagaimana dengan sobat ?].

Sujiwo Tejo bikin saya cengar-cengir sendiri, hampir semua kata-katanya berbau kritikan dan sindiran kepada pemerintah, hebatnya lagi 'nyebut nama'...terlalu brani budayawan kita yang satu ini yaaa [kalo zaman Presiden Soeharto dah masuk bui nih orang heeee..]


Kembali kecerita wayang semalam, hanya beberapa kali saja dalangnya pake bahasa nasional, diantaranya begini [yg keinget ...]

>>>> Plesetan lagu 'Lihat Kebunku' yang dilantunkan para Sinden "Lihat kebunku penuh dengan uang, ada yang.........[lupa], setiap hari disirami uang, mawar melati semuanya uang. Nyanyiannya ga seberapa tapi klipnya itu berlatar Istana Merdeka !
>>>> Ketika Cak Lontong [komedian] datang, dia malah nyindir 'Dalang koq gondrong ?'..lalu dalang jawab begini 'ga ada orang gondrong yang korupsi' padahal tamu2 dan penonton kebanyakan pejabat lo. Nah kalo semua pejabat berambut pendek gimana kita bisa bedain mana yang ga korup mana yang korup, seharusnya pejabat ikutan gondrong !!! haaaahaaaa bisa aj nih dalang....
>>>> 'Fakir miskin, orang terlantar, dipelihara oleh negara. Rasanya ada yang kurang, ga adil kalo 'JOMBLO' ga termasuk dipelihara oleh negara, toh wong sama2 warga negara, sama2 manusia khan ?????
Pokonya banyak lagi dehhh cerita lainnya yang ga saya ngerti tapi sukses membuat saya nyengir2 sendiri keq kuda, bbrrrrrr.....

Lagi asyik2nya nonton, ehh ada yang gedor pintu. Rupanya temen saya datang kerumah mau ngajak Futsal [emang sih, tiap jum'at malam jam 20-22 jadwal rutin futsal], terang aja tontonannya terputus padahal masih seru. yaahhhh.......
Moga aja ada siaran ulangnya, kaya' ILC biar dapet nonton pull dari awal ampe akhir.

Cukup sekian dulu ya..itu ceritaku,Tontonan Pertamax, mana ceritamu ? ^_^

0 komentar:

Post a Comment