4 Perkara Agar Taubat Diterima Allah

4 Perkara Agar Taubat Diterima Allah, setidaknya ada empat syarat yang harus kita tempuh :

Pertama, An-nadamah, yaitu rasa penyesalan. Artinya, ketika bertaubat harus timbul rasa penyesalan diri   akan dosa dan kesalahan-kesalahan yang terlanjur telah diperbuat. Ciri-cirinya nadamah adalah luluhnya hati sehingga senantiasa menyesali dan bersedih hati atas dosa dan kesalahan yang telah terlanjur dilakukan.

Kedua, al-’ajmu ‘ala allaa ya’uda limitslihi, yaitu betekad kuat seta niat bersungguh-sungguh untuk meninggalkan dan tidak akan mengulangi kembali dosa dan kesalahan-kesalahan seperti itu.

4 Perkara Agar Taubat Diterima Allah

Ketiga, Al-iqla, yaitu meninggalkan dosa dan kesalahan tersebut dan menjauhkan diri kita dari hal-hal yang akan menjerumuskan kembali kepada perbuatan maksiat.

Keempat, Al-baroatu min jami’i huquqil adamiyin,  yaitu membebaskan segala dosa dan kesalahan kita yang berkaitan dengan haqul adami, dosa kita kepada sesama manusia. Karena Allah tidak akan menerima taubat kita atas dosa yang diperbuat terhadap sesama manusia, seperti menyakiti, merugikan dan menzholimi orang lain baik melalui ucapan, tingkah laku maupun perbuatan langsung, sebelum orang itu benar-benar memaafkan kesalahan kita tersebut secara jelas dan tertentu, setelah terlebih dahulu meminta maaf dan halalnya, serta mengembalikan segala apa yang harus dikembalikan kepadanya.

Insya Allah, kalau 4 Perkara Agar Taubat Diterima Allah ini kita penuhi, niscaya taubat kita dijabahNYA.

0 komentar:

Post a Comment